Skip to main content
Hamburger Menu
Close
Edisi:
Navigasi ke edisi CNA lainnya di sini.

Iklan

Lifestyle

Sulit menabung dan hedon, 7 dari 10 Gen Z habiskan uang untuk jajan makanan

Membeli produk kecantikan juga merupakan salah satu pos pengeluaran terbesar di kalangan Gen Z.

Sulit menabung dan hedon, 7 dari 10 Gen Z habiskan uang untuk jajan makanan
Gen Z merupakan kelompok muda kelahiran antara tahun 1997 dan 2012. (Foto: iStock/nazar_ab)

Survei terbaru lembaga riset Populix menunjukkan bahwa 7 dari 10 Generasi Z (Gen Z) di Indonesia menghabiskan uangnya untuk jajan makanan.  

Gen Z merupakan kelompok muda kelahiran antara tahun 1997 dan 2012.

Gen Z diperkirakan akan menjadi bagian dari 27% tenaga kerja global pada 2025, saat mereka mengambil alih kendali ekonomi dunia dari Generasi Milenial (kelahiran 1981-1996), Generasi X (1965-1981), Generasi Boomer (1946-1964), dan Silent Generation (1925-1945).

Survei Populix yang dipublikasikan pada April 2024 itu menemukan bahwa sebanyak 69% responden Gen Z menghabiskan sebagian besar uangnya untuk membeli makanan.

Survei ini dilakukan terhadap 875 responden Gen Z Indonesia yang dilakukan secara online melalui PopPoll. Data responden dikumpulkan pada periode 19-30 April 2024.

Menurut laporan The Guardian, Gen Z merupakan kelompok terbesar di dunia, dengan daya beli tahunan sebesar U$100 miliar.

Konsultan komunikasi BCW Global Lisa Story menyebut bahwa anggapan Gen Z sulit menabung dan menerapkan gaya hidup menghambur-hamburkan uang, atau hedonisme, terkait erat dengan munculnya media sosial.

"Nilai-nilai yang melekat pada [Gen Z] adalah kekuasaan, hedonisme dan stimulasi. Jika kita lihat, itu sangat menarik karena biasanya, orang tidak begitu nyaman mengaku memiliki nilai-nilai tersebut," ujar Story. 

Menurut hasil survei yang dipublikasikan di situs Populix, selain membeli makanan, pos pengeluaran terbesar kedua di kalangan Gen Z adalah produk kecantikan, yakni sebanyak 14% responden. 

Sementara sekitar 9% responden mengaku pengeluaran utamanya terkait dengan kebutuhan transportasi. 

Terakhir, pos pengeluaran untuk hiburan yang dipilih oleh 5% responden dan sementara untuk liburan dipilih oleh 3% responden.

Survei ini melibatkan 875 responden gen Z Indonesia yang dilakukan secara online melalui PopPoll. Data dikumpulkan pada 19-30 April 2024.

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan bergabung di WhatsApp Channel CNA.id dengan klik tautan ini.
 

Source: Others/ps

Juga layak dibaca

Iklan

Iklan