Skip to main content
Hamburger Menu
Close
Edisi:
Navigasi ke edisi CNA lainnya di sini.

Iklan

Indonesia

Air minum dipastikan masuk IKN 15 Juli, akankah Presiden Jokowi pindah bulan ini?

Presiden Jokowi menyatakan siap pindah jika fasilitas dasar air dan listrik sudah rampung.

Air minum dipastikan masuk IKN 15 Juli, akankah Presiden Jokowi pindah bulan ini?
Progres pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 14 Juni 2024. (Dokumentasi Dr Gun Gun Heryanto)

JAKARTA: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan fasilitas air minum sudah bisa masuk ke Ibu Kota Nusantara (IKN) per tanggal 15 Juli 2024.

"Kalau commisioning-nya kira-kira pertengahan bulan ini kalau air bersih," ungkap Basuki kepada Bisnis.com usai meresmikan Tol Cimanggis-Cibitung, Selasa (9 Juli).

Plt Kepala Otorita IKN itu juga mengungkapkan selain air, instalasi listrik juga sudah siap untuk dinyalakan berdasarkan laporan dari Menteri BUMN Erick Thohir.

"Kalau listrik Menteri BUMN sudah ngecek ke sana, sudah siap dengan aliran listriknya (termasuk untuk kantor Jokowi). Nanti tanggal 22 (Jokowi) ke Papua (memperingati) Hari Anak, setelah itu ngecek ke IKN. Insyaallah (siap)," terang Basuki.

Perkembangan kemajuan infrastruktur dasar ini menjadi kabar baik menjelang semakin dekatnya rencana perayaan hari kemerdekaan ke-79 di IKN tanggal 17 Agustus mendatang

Menteri Basuki juga memastikan seluruh fasilitas untuk peringatan Kemerdekaan sudah siap pada bulan Juli di antaranya Istana Presiden dan kantor Presiden.

Untuk pembangunan rumah dinas menteri juga ditargetkan akan rampung pembangunannya pada Juli.

"(Rumah dinas) nomor 7 Menteri PUPR, nomor 8 Menhub, nomor 9 Menkes, nomor 10 Menpan-RB kami akan berdekatan di sana," katanya dikutip CNBC Indonesia.

Untuk tempat tinggal ASN, Basuki menyebutkan 12 dari 47 tower yang akan ditempati sudah selesai lengkap dengan perabotannya.

Sebelumnya, Jokowi mengakui bahwa sarana dan prasarana dasar air dan listrik masih belum rampung sejauh ini.

"Apakah airnya sudah siap? Apakah listriknya sudah siap? Apakah tempatnya sudah siap? Jika semua sudah siap, kami akan pindah," ucap Kepala Negara di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (8 Juli).

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan bergabung di WhatsApp Channel CNA.id dengan klik tautan ini

Source: Others/ew

Juga layak dibaca

Iklan

Iklan